Personal, Self Improvement

Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Sederhana Di Rumah

Kebanyakan dari kita menganggap gaya hidup minimalis hanya seputar decluttering barang saja. Padahal, saat kita memahami bahwa gaya hidup minimalis berawal dari pola pikir maka banyak sekali kegiatan di kehidupan sehari-hari yang bisa dilakukan dengan konsep minimalis.

Sebelum menjabarkan hal-hal sederhana apa saja yang bisa dilakukan di rumah dengan menerapkan konsep minimalis, saya mau mengingatkan tentang bagaimana memaknai gaya hidup minimalis terlebih dahulu.

Gaya hidup minimalis berfokus dan berawal dari pola pikir dan perilaku. Bagaimana kita bisa memilah dan mencukupi diri kita hanya dengan hal penting, baik dan bermanfaat. Menyederhanakan segala bentuk kelebihan tidak bermanfaat untuk mendapatkan kebebasan, kebahagiaan, ketenangan dan hidup lebih berkesadaran.

Gaya hidup minimalis yang saya pahami tidak berpusat pada jumlah barang tetapi lebih berfokus pada bagaimana kita memilah, mencukupi dan menyederhanakan segala sesuatunya. Menurut saya, jumlah barang itu tergantung pada masing-masing dari kita. Mungkin saja kamu membutuhkan 10 baju di dalam lemarimu sedangkan saya hanya membutuhkan 5. Berfokuslah pada bagaimana kita memilah dan menyederhanakannya, bukan pada jumlahnya.

Memulai Gaya Hidup Minimalis Sederhana Di Rumah 

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, gaya hidup minimalis tidak berfokus pada jumlah barang yang dikeluarkan. Belajar menjadi seorang minimalis tidak hanya melulu melakukan decluttering (memilah dan mengurangi barang). Decluttering adalah satu dari sekian banyak aksi belajar jadi minimalis.

Di rumah, tanpa kita sadari banyak sekali lho kegiatan rutin yang bisa diterapkan dengan konsep minimalis. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan antara lain:

Langsung Cuci Piring Setelah Selesai Makan/Masak

Source: Unsplash

Kalau biasanya piring dicuci setelah menumpuk di sink, coba deh untuk mencuci piring tepat setelah selesai makan atau memasak. Pertama, kita tidak akan merasa terbebani dengan pekerjaan mencuci piring kotor terlalu banyak apalagi digabung dengan panci, wajan penuh minyak setelah memasak (ibu-ibu pasti ngeh banget kan soal ini? :p), kedua kita jadi lebih hemat waktu dan tenaga. Makan atau masak selesai, pun dengan beberesnya.

Langsung Bersihkan Kamar, Kamar Mandi & Dapur Setelah Digunakan

Photo by elizabeth lies on Unsplash

Make your bed every morning juga akan membantu kita untuk lebih efisien dalam beberes rumah. Pagi hari setelah bangun tidur dan meninggalkan kamar, coba untuk menata bantal, guling, seprai dan selimut terlebih dahulu sebelum akhirnya lupa dan malas untuk melakukannya karena terburu-buru dengan aktifitas lainnya. Sama dengan kamar, lakukan juga hal yang sama setelah menggunakan kamar mandi dan dapur. Seperti menutup kembali closet duduk setelah buang air dan sesimpel menutup kembali tutup shampoo atau sabun setelah menggunakannya.

Yang harus diingat untuk menyemangati kamu;

Kegiatan ini cuma membutuhkan waktu 5-10 menit aja kok!

Food Preparation 

Bagian ini seru. Sehubungan dengan saya yang baru aja menikah dan lagi hobi banget masak di rumah, saya menyadari bahwa saat kita memasak, mempersiapkan bahan juga menghabiskan waktu yang lumayan lama apalagi kalau bahan tidak dipersiapkan dulu sebelum masak. Kadang kejar-kejaran waktu sama nyala api kompor tapi bahannya belum siap ada di depan mata. Pernah mengalami hal yang sama?

Nah hal ini bisa dihindari dengan melakukan food preparation. Food preparation merupakan metode untuk mempersiapkan bahan mentah menjadi bahan siap masak. Pelaksanaannya mudah banget, kita tinggal mencuci bahan makanan setelah dibeli, memotong (jika perlu), mengupas dan meletakkannya di dalam container/box/wadah. Food preparation membantu kita untuk hemat waktu, tenaga dan juga lebih bersih dan rapi dalam mengorganisir bahan makanan yang ada di dapur dan kulkas.

Photo by Unsplash

Food preparation yang biasa kulakukan contohnya kupas bawang, lepaskan tangkai cabe setelah membeli dan langsung dimasukkan ke box. Kupas dan potong buah yang baru saja dibeli lalu dimasukkan kedalam container dan disimpan di kulkas. Kebayang kan betapa mudahnya hidup saat mau memasak kita tidak perlu lagi mengupas bawang satu persatu? 😝

Tempatkan Barang Pada Tempatnya Setelah Digunakan

Hal kecil yang seringkali dilupakan oleh penghuni rumah. Padahal kegiatan ini jika ditunda-tunda akan membuat kita kesal dan malas saat merapikan barang yang sudah tercecer keberadaannya. Tanamkan niat dan mulai pelan-pelan untuk selalu meletakkan benda yang kamu gunakan di tempatnya.

Stop Stocking

Dulu, saya sering banget menemukan bahan makanan kadaluwarsa di kulkas dan dapur. Ternyata mama sering stocking (menimbun belanjaan) dengan berbagai alasan. Biasanya sih karena ada promo atau lapar mata pada saat belanja. Sekarang, beberapa kali masih terjadi di rumah saya (namanya juga belajar), tapi pelan-pelan saya mulai mengurangi kebiasaan stocking saat berbelanja.

Photo by Unsplash

Caranya adalah dengan merencanakan belanja kita dan membuat daftar belanjaan. Jadikan daftar belanjaan sebagai acuan kita saat berbelanja. Daftar belanjaan membantu kita agar tidak impulsif pada diskon atau barang-barang yang belum terlalu dibutuhkan di pasar/supermarket.

Jadwalkan Rutin Cuci & Setrika Pakaian

Photo by Dan Gold on Unsplash

Selain bahan makanan dan cucian piring, hal menumpuk lainnya adalah cucian dan setrikaan baju. Jadwalkan kegiatan cuci dan setrika baju dalam seminggu. Saya berusaha seminim mungkin dalam menumpuk baju yang ingin dicuci dan setrika. Biasanya saya jadwalkan seminggu 3x cuci dan 2x setrika. Penjadwalan ini membantu kita agar tidak terlalu lelah pada saat melakukan pekerjaannya dan tidak menumpuk baju kotor begitu lama.

Bijak Menggunakan Plastik 

Saya masih dalam tahap belajar gaya hidup minim sampah. Mempelajari gaya hidup memang tidak mudah dan cepat seperti menghidupkan saklar lampu. Dalam perjalanan minim sampah ini, saya masih seringkali lupa atau kekurangan tempat untuk membawa barang belanjaan saya. Mau tidak mau akhirnya menerima plastik lagi 😞 Tapi, jangan sampai gagal sekali dua kali membuat kita menyerah. Kita masih bisa bijak menggunakan plastik bekas pakai, misalkan saya gunakan lagi untuk membawa barang belanjaan di kemudian hari. jadi tidak akan menerima plastik lagi dari pasar atau supermarket.  Kalau kalian bagaimana? diapakan plastik-plastik yang sudah terlanjur ada di rumah? Tulis di komentar yaah.

Re-Wear Clothes

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Salah satu cara untuk menahan tumpukan baju kotor adalah dengan memakainya berulang. Definisi berulang di sini bisa diartikan masing-masing yaa, bisa jadi berulang versi saya hanya 2x, mungkin kamu bisa menganggapnya lebih tergantung tingkat toleransi masing-masing. Biasanya saya akan menggunakan baju berulang jika memang tidak terlalu banyak bertemu dengan polusi (di mobil atau di dalam ruangan terus).

Tempatkan Benda di Storage/Box 

Menempatkan benda-benda di dalam storage atau wadah selain akan menjadikan rumah terlihat lebih rapi, hal ini juga akan mempermudah kita mengingat tempat benda tersebut disimpan. Pilihlah wadah sesuai dengan isinya, jangan terlalu besar agar tidak jadi alasan kamu bisa menambahkan isinya lagi. Jangan pula terlalu kecil agar benda tidak tercecer.

Rencanakan Baju Untuk Esok Hari

Percayalah, merencanakan segala sesuatu itu sangat menyenangkan termasuk merencakan baju yang akan kita pakai esok hari. No more “nothing to wear” lagi deh pastinya! Mulailah pelan-pelan misalkan dengan membayangkan baju yang akan dipakai besok atau mulai langsung dengan memisahkan baju tersebut di dekat ruang ganti pakaian agar kamu bisa langsung memakainya esok hari.

Jadwalkan Decluttering 

Decluttering di rumah bisa dijadwalkan sebulan atau per dua bulan sekali tergantung masing-masing kita nyamannya bagaimana. Mulailah dari area paling kecil di rumah, seperti kulkas, laci-laci, kamar mandi baru ke area besar yang membutuhkan waktu lama. Yang paling penting dalam melakukan decluttering ada 2;

  1. Lakukan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya
  2. Pilah mana yang penting dan masih bermanfaat mana yang tidak.

Banyak bukan hal-hal sederhana di rumah yang bisa diterapkan menggunakan konsep gaya hidup minimalis? Semoga pembahasan kali ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan baru untuk kamu para pembaca yaa 🙂 Siapa yang sudah tidak sabar ingin menerapkannya? Atau siapa yang punya ide hal sederhana lain yang bisa dilakukan di rumah menggunakan konsep minimalis? Yuk share di kolom komentar 😀


Temui pembahasan mengenai #BelajarJadiMinimalis di:

Instagram: https://www.instagram.com/lyfewithless

Podcast: https://open.spotify.com/show/2SqJPBiodCopHJK7czliwO (Lyfe With Less)

Related Posts

2 thoughts on “Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Sederhana Di Rumah

  1. Nabila says:

    Gemay! Selalu nunggu updatean, artikel bermanfaat 🙂

    1. Terima kasih mbak! Senang bisa memberikan artikel yang bermanfaat 💛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *